Sunday, December 31, 2017

Cara Memberikan Daun Singkong Pada Kambing Agar Tidak Keracunan

Daun singkong, selain bisa dikonsumsi manusia juga sangat bagus bila diberikan pada ternak kabing, karena kandugan proteinnya sangat banyak. Namun banyak peternak kabing yang takut untuk memberikan jenis hijauan ini karena takut kabingnya keracunan.

Daun-singkong

Pada beberapa kasus kabing keracunan daun singkong, hal itu disebabkan karena salah didalam cara memberikannya. Berikut ini beberapa tips cara mengambil dab memberikan daun singkong untuk ternak kambing supaya aman dan tidak keracunan  :

1. Agar daun singkong aman untuk kambing, berikan daun singkong setelah kondisi kering atau sudah layu, adapun cara pengeringganya bisa dengan dijemur ataupun layu dengan sendirinya. Cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang belum terbiasa memberikan daun singkong sebagai pakan ternak kabing.

2. Jangan pernah ambil daun singkong yang habis dipupuk, kadar pupuk (urea) yang terdapat pada daun singkong, bisa membuat kabing keracunan.

3. Ciri – ciri singkong yang habis di pupuk adalah daunnya berwarna hijau segar dan biasanya lebih lebar – lebar. Selain itu tepat setelah dua hari sampai seminggu setelah singkong dipupuk akan ada jejak pupuk di bagian bawah dekat dengan batang singkong.

4. Beikan daun singkong pada jam 15-16.

Itulah cara memberikan daun singkong pad ternak kambing agar tidak keracunan. Demikian postingan singkat kali ini semoga ada manfaatnya. Salam Tani.


EmoticonEmoticon