Minggu, 07 Mei 2017

Cara Budidaya Cacing Sutra - Manfaat Cacing Sutra Bagi Usaha Perikanan

Cara Budidaya Cacing Sutra - Cacing sutra merupakan hewan hermaprodit yang cara berkembang biaknya melalui telur dengan proses pembuahan secara external. Telur-telur yang telah dibuahi oleh pejantan lama-kelamaan akan mengalami pembelahan menjadi dua sebelum akhirnya menetas. Cacing sutra dapat hidup dalam kondisi air dengan mengandung lumpur yang memiliki tingkat kedalaman 0 - 4 cm. Peranan air sangat berpengaruh dalam pertumbuhan cacing sutra.

Cacing-Sutra

Manfaat Cacing Sutra Untuk Perikanan

Manfaat cacing sutra, sangat bagus bagi usaha perikanan, terutama untuk jenis pembibitan perikanan. Kebutuhan akan cacing sutra saat ini semakin meningkat, namun terkadang kebutuhan barang sangat kurang. Oleh karena itu saat ini banyak yang membudidaya-kan cacing sutra, baik dengan media persawahan maupun dengan media kolam terpal maupun didalam bak.

Walupun sebenarnya di pasaran telah ada pakan ikan untuk pengganti cacing sutra, namun pada umumnya para pelaku usaha perikanan lebih memilih cacing sutra bila dibandingkan pakan buatan pabrik. Harga cacing sutra sendiri lumayan cukup mahal, di pusat budidaya cacing sutra di magelang, per 1 Galon (5 kg) cacing sutra sudah dihargai sekitar 80 ribu.

Dalam dunia pembibitan perikanan, pemberian pakan cacing sutra untuk bibit yang bagus adalah selama 3 minggu sampai 1 bulan. Oleh karena itu kebutuhan cacing sutra cukup menelan biaya yang banyak. Untuk itu, banyak pelaku perikanan yang kemudian budidaya cacing sutra sendiri untuk mencukupi kebutuhan perikanan.

Media Untuk Budidaya Cacing Sutra

Budidaya cacing sutra bisa dilakukan dengan dua cara, cara yang pertama bisa dilakukan langsung di area persawahan. Selain budidaya langsung di area persawahan, cacing sutra juga bisa dilakukan dengan media kolam terpal maupun bak.

1. Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Persawahan
Di daerah Magelang Jawa Tengah, banyak sawah yang digunakan untuk budidaya cacing sutra ini. Area persawahan dibuat petak-petak yang memang dikhususkan untuk budidaya cacing sutra. Namun yang harus diperhatikan di dalam budidaya cacing sutra dipersawaan adalah kondisi debit air, yaitu air bisa mengalir dengan lancar dan seimbang, yaitu tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

2. Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Kolam Terpal Atau Bak
Walupun caranya agak sedikit rumit dan membutuhkan peralatan, budidaya cacing sutra dengan mengunakan media kolam terpal maupun bak, saat ini telah banyak dilakukan. Kelebihan budidaya cacing sutra dalam kolam maupun bak ini adalah dalam segi perawatan yang lebih efisien dan juga aman, karena asupan makanan dan juga debit air bisa dikontrol secara seksama.

Cara Budidaya Cacing Sutra

1. Cara budidaya dengan media sawah

  • Buat petak di area persawahan dengan ukuran 1 x 4 meter  (Lebar 1 meter, Panjang 4 meter)
  • Ratakan lumpur (lendut bahasa jawa) sampai rata sejajar.
  • Setelah petah terbuat dan diratakan, kemudian beri kotoran ayam, maupun pupuk kandang yang telah dihaluskan secara merata pada lahan.
  • Selain kotoran ayam maupun pupuk kadang bisa juga diberikan ampas tahu yang fungsinya adalah sebagai makanan cacing sutra.
  • Biarkan semua campuran menyatu sebelum penaburan bibit cacing sutra.
2. Cara budidaya dengan media kolam terpal tau bak  

  • Persiapkan kolam terpal maupun bak sesuai kebutuhan.
  • Persiapkan lumpur halus.
  • Persiapkan ampas tahu.
  • Persiapkan kotoran ayam maupun pupuk kadang yang telah dihaluskan.
  • Tahap pertama, masukkan lumpur halus kedalam bak secara merata dengan ketinggian sekitar 1 cm.
  • Tahap kedua masukkan pupuk kandang atau kotoran ayam secara merata pada bak atau kolam setinggi 1 cm.
  • Tahap ketiga masukkan kembali lumpur halus diatas kotoran ayam maupun pupuk kandang seperti pada cara tahap pertama.
  • Setelah semua tahap diatas dilalui barulah aliri bak dengan air, aliran air bisa dibuat dengan pipa yang diberi lumbang kecil agar air selalu megalir namun tidak terlalu deras. Buat ketinggian air 1 cm.

Bak-Budidaya-Cacing-Sutra

3. Penaburan Benish Cacing Sutra

  • Setelah tahap pertama dan kedua diatas dilalui, barulah saatnya penebaran benih cacing sutra. Sebelum benih ditabur kedalam media yang digunakan, sebaiknya benih difermentasi terlebih dahulu untuk menghindari terjadi dan adanya penyakit pada benih cacing.
  • Cara fermentasinya adalah dengan menaruh benih cacing pada bak dan diberikan air yang terus mengalir dan berganti. Biarkan proses ini selama 1-3 hari.
  • Setelah proses fermentasi dan bibit cacing terlihat merah barulah benih bisa ditabur secara merata pada media.
4. Pemberian pakan cacing sutra

  • Agar pertumbuhan cacing bagus dan cepat berkembang biak, beri makan cacing sutra sengan ampas tahu setiap 3 hari sekali, taburkan ampas tahu secara merata pada permukaan media yang digunakan.


Masa Panen Cacing Sutra

Pada awal pemanenan biasanya dibutuhkan 14 hari untuk panen pertama. Adapun untuk panen seterusnya bisa setiap 2-3 hari, namun itu juga tergantung dengan pertumbuhan yang ada serta pola perawatan yang dilakukan. Bila pemberian makanan bagus pada umumnya perkembangan cacing juga akan bagus.

  • Pemanenan cacing sutra bisa dilakukan setiap pagi hari dengan cara dikeruk dengan seser kecil, kemudian taruh didalam wadah beserta lumpur yang terbawa. 
  • Tutup bak yang digunakan untuk menaruh cacing agar nantinya semua cacing yang masih bercampur dengan lumpur naik ke permukaan dan barulah cacing sutra bisa diambil secara bersih.
  • Taruh cacing yang telah bersih kedalam bak yang dialiri dengan air, setiap mau memberi makan atau dijual, cacing langsung bisa diambil dengan gampang dan juga bersih dengan kotoran yang lainnya.
Bagi Anda yang kebetulan bergelu dibidang perikanan, terutama pembibitan perikanan, sangat disarankan untuk bisa budidaya cacing sutra sendiri. Dengan tau dan bisa cara budidaya cacing sutra sendiri, hal itu bisa menekan pengeluaran Anda untuk membeli cacing yang harganya kian hari kian naik.

Kualitas bibit ikan yang bagus adalah bibit yang banyak mengkonsumsi cacing sutra secara puas. Bibit ikan yang diberi cacing sutra puas, ikan akan cepat besar dan terutama akan tahan terhadap serangan penyakit. Itulah cara budidaya cacing sutra serta manfaat cacing sutra bagi usaha perikanan. Semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon