Minggu, 12 Februari 2017

Budidaya Bibit Unggul Dan Keuntungannya

Budidaya Bibit Unggul Dan Keuntungannya. Pernahkah Anda mendengar tentang bibit unggul?. Dan apa yang Anda ketahui tentang bibit unggul?. Dan adakah keuntungan ketika Anda menggunakan bibit unggul?. Pada artikel kali ini mari kita bahas sama sama apa bibit unggul itu dan keuntungan apa yang bisa kita peroleh dari mengembangkan bibit unggul ini.

Bibit unggul adalah bibit tanaman maupun hewan yang mempunyai sifat yang baik dari tanaman atau hewan yang sejenis lainnya. Namun pada artikel kali yang akan kita bahas adalah tentang bibit unggul pada tanaman.

budidaya-bibit-unggul-dan-keuntungannya

Sifat unggul pada tanaman memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Waktu berbuah atau produksinya cepat.
  2. Hasil produksinya banyak.
  3. Rasa buahnya atau rasa hasil produksinya enak.
  4. Tahan terhadap hama dan gulma serta penyakit.
  5. Tahan terhadap iklim dan kondisi tanah yang bervariasi.
  6. Pohonnya pendek.
Bibit unggul dapat diperoleh dengan cara hibridasi. Lalu apa hibridasi itu?. Hibridasi adalah mengawinkan dua jenis tumbuhan atupun hewan yang berbeda varietas dan memiliki sifat-sifat yang unggul.

Keuntungan dari budidaya tanaman dengan memperhatikan sifat unggul adalah sebagai berikut  :

1. Dapat menghasilkan produk yang bermutu tinggi misanlya  :
  • Pada tanaman padi bisa menghasilkan beras yang bermutu tinggi, misalnya padi C, Gading, Centani, Remaja dan padi unggul dari Philipina seperti PB 5, PB 8, dan PB 36.
  • Menghasilkan rambutan yang berbuah manis dan besar serta pohonnya rendah yang didapat dari hasil penyilangan.
  • Pada pohon durian bisa menghasilkan buah durian yang besar serta memiliki daging durian yang tebal serta berasa manis.
2. Bisa menghemat biaya tenaga kerja, misalnya teknologi tanam benih langsung yang disebut TOT Tabela. Hal ini bisa dilakukan pada tanaman padi dengan mengunakan jenis padi Mamberomo dan Cibodas.

3. Dapat mempercepat produksi, misalnya pada tanaman padi unggul Mamberomo dan padi Cibodas yang masa panennya bisa 2 minggu lebih cepat dari jenis padi lainnya.

4. Tanaman akan dapat berumur panjang karena sifat unggulnya yang tahan terhadap penyakit dan iklim. Misalnya padi VUTW (Varietas Unggul Tahan Wereng) dan padi IR 64.

Adapun untuk menjaga supaya bibit unggul tidak kehilangan sifat keunggulannya, kita dapat melakukan dan menjaga persilangan sesama galur murni supaya tidak terkontaminasi dengan varietas lain.

Adapun pada pohon buah, untuk bisa tetap mendapatkan bibit yang unggul dapat dilakukan dengan cara , okulasi maupun sambungan, cangkok dan juga dengan menggunakan tehnik stek batang. Adapun cara-cara tersbut dapat anda baca di artikel berikut  :
Demikian artikel kali ini tentang bibit unggul dan keuntungan mengembangbiakkannya, Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon