Minggu, 08 Januari 2017

Cara Budidaya Bawang Putih Menggunakan Polybag

Cara Budidaya Bawang Putih Menggunakan Polybag - Bawang putih adalah salah satu rempah yang dibutuhkan sebagai penambah rasa masakan. Bawang putih pada umumnya ditanam dilahan pertanian dengan asupan sinar matahari yang cukup. Saat ini teknik penanaman bawang putih juga banyak di kembangkan dengan menggunakan media polybag.

Budidaya bawang putih dengan menggunakan polybag, tentu sangat efisien bagi yang tidak memiliki lahan pertanian yang luas, terutama di daerah perkotaan. Selain itu budidaya bawang putih di polybag juga lebih mudah didalam perawatan-nya karena bisa dilakukan disekitar pekarangan rumah.

Selain itu bawang putih yang ditanam di dalam polybag juga memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan dengan menanam bawah putih di lahan pertanian biasa.

Berikut ini Cerita Tani akan sedikit berbagi, bagaimana cara budidaya bawang putih dengan menggunakan polybag  :

cara-budidaya-bawang-putih-menggunakan-polybag

Langkah-langkah Budidaya Bawang Puting Dengan Menggunakan Polybag

1. Menentukan Waktu Tanam

Sebelum menanam bawang putih didalam polybag, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kapan waktu yang tepat masa penanaman agar bawang putih dapat berkembang dengan baik.

Karena tanaman bawang putih sangat membutuhkan terik sinar matahari yang optimal, sangat disarankan untuk menanam bawang putih ketika ketika musim kemarau, yang penting adalah bukan ketika musim hujan tiba.

2. Mempersiapkan Benih

Persiapan benih adalah menggunakan benih bawah putih yang sudah berkecambah, pilihlah bawang putih yang masih segar kemudian dibuat berkecambah terlebih dahulu.

Untuk membuat tunas baru Anda dapat mengupas bawang putih dan menyimpannya di kulkas atau ditempat yang sejuk selama satu sampai dua minggu agar tumbuh kecambah.

3. Persiapan Media Tanah Dan Polybag

Tanah adalah merupakan media utama dalam penanaman menggunakan polybag ini, siapkan tanah yang dicampur dengan pasir dan pupuk kandang, sangat disarankan ntuk tidak menggunakan tanah liat, karena sifat bawang putih tidak suka dengan jenis tanah lunak. Siapkan polybag lalu isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang.

4. Penanaman

Buat lubang pada tanah di polybag sedalam 2-3 cm lalu letakkan bawang putih dengan ujung siung di atas, kemudian tutup dengan tanah.

5. Pemeliharaan Dan Perawatan
  • Siram tanaman dalam polybag dengan air setiap hari, jangan sampai kondisi tanah kekeringan, namun yang harus diperhatikan pula adalah jangan sampai kelebihan air juga.
  • Pastikan tanaman bawang putih bisa terkena sinar matahari secara langsung, karena dapat membantu dan mengembangkan hasil yang bagus.
  • Cobalah untuk memberikan pupuk seminggu sekali, sebaiknya gunakan pupuk organik.
  • Pada usia 2 minggu, biasanya daun bawang putih mulai tumbuh, dan pada saat itu biasanya begitu banyak parasit yang menyerang. Perhatikan dengan jeli setiap daun dan batang jika ada hama harus segera ditanggulangi, karena bisa merusak pertumbuhan bawang putih.
  • Pada usia 90-100 hari, biasanya bawang siap panen, terutama jika bawang dapat mengembangkan subur untuk penanaman.
Cara Budidaya Bawang Putih Menggunakan Polybag, bisa diterapkan bagi yang tidak memiliki lahan pertanian yang luas, budidaya ini mudah untuk dilakukan dan juga dalam segi perawataanya lebih efisien. Selamat bertani, semoga bermanfaat. 


    EmoticonEmoticon