Saturday, November 12, 2016

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Andong (Hanjuang)

Ceritatani.Com - Manfaat Dan Khasiat Tanaman Andong (Hanjuang). Tanaman Andong atau Hanjuang (Cordyline) adalah tanman yang sering digunakan untuk tanaman hias di pekarangan rumah. Selain dipakai untuk tanaman hias, dalam tradisi Jawa, Sunda dan juga bali tanaman ini sering dimaknai sebagai tanaman pembatas baik itu secara harafiah maupun filosofi. Maka tidaklah salah jika tanaman ini sering dijumpai di pembatas lahan, baik itu di sawah maupun lahan kering di pedesaan.

Selain dipakai untuk pembatas dan juga pelindung, tanaman andong atau hanjuang ini juga mempunyai manfaat terutama pada daunnya. Daun Andong atau hanjuang bisa dipakai sebagai pembungkus makanan dan juga untuk membukus tempe. Hasil penelitian menunjukkan, kalau daun andong/hanjuang memiliki kemampuan antibakterial.

Ada beberapa khasiat yang bisa didapatkan dari tanaman andong ini, diantaranya adalah untuk mengobati antibengkak, batuk darah, dan juga untuk mengobati wanita yang jika datang bulan/haid terlalu banyak. Adapun cara penggunaan daun andong untuk pengobatan adalah sebagai berikut :

Tanaman-Andong-Di-Sawah

Untuk Mengobati Batuk Darah Dan Haid Terlalu Banyak :

Cara Pengobatan :
  • Ambil daun andong 5 helai.
  • Air matang secukupnya.
  • Tumbuk daun andong sampai halus.
  • lalu seduh dengan air matang.
  • Saring agar tidak terbawa ampasnya.
  • Diminum 1 kali sehari 100 ml
Cara pengobatan secara herbal memang tidak langsung akan terlihat hasilnya, sebaiknya cara tersebut dilakukan secara rutin, apalagi bila pengobatan secara herbal tentu tidak akan memiliki efek yang kurang bagus daripada memakai obat-obatan kima.

Itulah Manfaat Dan Khasiat Tanaman Andong (Hanjuang), yang bisa kita gunakan untuk pengobatan, sebenarnya memang tanaman yang ada disekitar kita banyak sekali yang mempunyai khasiat bagi kesehatan, cuma terkadang kita saja yang tidak mengetahuinya. Demikian, semoga bermanfaat. Salam Tani.

1 komentar so far

Loh, ini tuh tanaman obat toh? Saya baru tau. Biasanya buat jadi pager kalo di depan rumah


EmoticonEmoticon