Saturday, October 22, 2016

Form RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) Excel Siap Pakai

Tags

Form RDKK Excel Siap Pakai. RDKK adalah (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) yang pada umumnya dibuat oleh Tiap Kelompok Tani maupun Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di setiap daerah masing-masing untuk menentukan berapa jumlah pupuk yang dibutuhkan dalam setiap tahunnya.

Tidak hanya Kelompok Tani maupun Gapoktan, namun para penyuluh pertanian di tingkat kecamatan maupun Kabupaten dan juga Provinsi juga membutuhkan form RDKK ini. Adapun ditingkat Kelompok Tani, pengisian form ini adalah mencakup kebutuhan pupuk di tiap anggotanya. Sedangkan ditingkat Gapoktan (Desa) adalah rangkuman kebutuhan pupuk untuk tiap Kelompok Taninya.

Sedangkan form RDKK untuk tingkat Kecamatan, Kabupaten dan juga provinsi adalah rangkuman dari seluruh kebutuhan pupuk di tiap Kecamatan, Kabupaten dan juga Provinsi. Berikut ini kami share contoh form RDKK dalam format Excel sekalian dengan rumus sederhana yang bisa langsung digunakan.


Dalam format RDKK ini, ada 3 sheet format, sheet pertama dan kedua untuk poktan, dan sheet ketiga adalah RDKK untuk Gapotan, yaitu rangkuman dari kedua poktan. Dalam Format ini, jika Anda penggurus gapoktan, Anda tidak perlu lagi mengisinya pada form gapoktan, karena jika pada sheet poktan telah terisi, secara otomatis sheet Gapoktan akan terisi juga.

Cara Pengisian :
  • Isi luas lahan pada kolom C dan D menurut jenis tanaman.
  • Pada kolom jenis pupuk, baik itu UREA, SP 36, ZA, NPK dan Organik, telah terdapat rumus otomatis kebutuhan pupuk menurut luas lahan. Bila Anda ingin merubahnya silahkan ganti angka 300 pada UREA, dan angka 200 pada SP 36 dan NPK. Untuk melihat rumusnya silahkan klik pada  kolomnya.
Bila anda tertarik untuk menggunakannya, silahkan download melalui link dibawah ini

Demikian mengenai Form RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) Excel Siap Pakai yang bisa kami sampaikan, bila Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai penggunaan form ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar maupun contact. Semoga bermanfaat.

1 komentar so far

Ternyata para petani juga harus memiliki perencanaan dan dibukukan ya mas? supaya tercatat jumlah pengeluaran pupuk yang digunakan tiap bulannya


EmoticonEmoticon