Thursday, July 14, 2016

Pupuk Organik Bokhasi Dan Manfaatnya Bagi Tanaman Padi

Tags

Ceritatani.Com - Pupuk Organik Bokhasi Dan Manfaatnya Bagi Tanaman Padi. Pupuk Bokhasi adalah pupuk organik yang dibuat dari campuran dedak (katul) dan tepung ikan yang difermentasi oleh EM, atau Super Degra. Bokhasi mengandung gula, alk*h*l, asam amino, protein, karbohidrat, vitamin dan senyawa-senyawa organik yang lainnya.

Dari hasil berbagai penelitian, terlihat bahwa pemberian pupuk organik bokhasi pada tanaman padi, terbukti dapat meningkatkan produksi panen padi. Ekstrak bokhasi juga dapat digunakan untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit tanaman, terutama tanaman padi, karena adanya senyawa alk*h*l yang terkandung dalam pupuk organik bokhasi.

Pupuk Organik Bokhasi Dan Manfaatnya Bagi Tanaman Padi

Manfaat Pupuk Organik Bhokasi Bagi Kesuburan Lahan Persawahan 

Kesuburan lahan persawahan, semakin hari akan semakin berkurang, apalagi bila terlalu sering menggunakan pupuk kimia yang berlebihan. Untuk mengembalikan kesuburan lahan persawahan tentu perlu dilakukan pemupukan secara organik dengan memberikan pupuk alami, hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pupuk kompos, pupuk kandang dan juga pupuk organik bokhasi ini.

Ada 3 manfaat pupuk bokhasi ini bila digunakan untuk lahan persawahan, adapun ketiga manfaat tersebut adalah sebagai berikut  :
  • Meningkatkan kesuburan lahan persawahan secara biologis  :  Seperti apa yang telah dijelaskan diatas, penggunaan pupuk kimia dengan jangka waktu yang lama serta berlebihan tentu akan mengakibatkan kesuburan tanah semakin berkurang. Dengan memberikan pupuk bokhasi pada lahan pesawahan itu akan sangat bermanfaat untuk mengembalikan kesuburan lahan persawahan secara biologis/alami.
  • Meningkatkan pertumbuhan dan produksi padi  :  Dengan kesuburan tanah yang bagus, tentu tingkat pertumbuhan tanamanpun akan semakin bagus, begitu pula dengan produksinya. 
  • Menurunkan serangan hama dan penyakit  :  Kandungan senyawa alk*h*l yang ada didalam pupuk organik bokhasi juga mempunyai manfaat untuk mengendalikan hama tanaman.
Cara Membuat Pupuk Organik Bokhasi

Cara membuat pupuk bokhasi sangat mudah dilakukan dan bahan-bahannyapun sangat gampang untuk didapat. Berikut ini cara membuat pupuk organik bokhasi dan juga bahan-bahan yang perlu dipersiapkan.

Bahan-bahan
  • Dedak ( katul )
  • Tepung Ikan.
  • EM.
  • Molase ( Tetes gula tebu )
  • Air.
Cara membuatnya
  • 90 kg dedak halus kemudian dicampur dengan 10 kg tepng ikan asin secara merata. Kemudian berikan larutan air + molase (tetes gula tebu) + EM, dengan perbandingan 1 liter air : 50 ml molase : 10 ml EM.
  • Aduk adonan secara merata sampai kandungan air adonan mencapai 50 %.
  • Selanjutnya adonan tersebut dibungkus dengan kantong plastik yang ditutup rapat selama 4-7 hari.
  • Setelah 4-7 hari adonan dedak dan tepung ikan itu telah terfermentasi menjadi produk baru yang kemudian dikenal dengan nama BOKHASI.
  • Catatan penting  :  Pada saat pembuatan bokhasi akan mengundang lalat untuk bertelur. Tutuplah dengan plastik yang rapa. Setelah terbentuk bokhasi langsung digunakan (sekali pakai) jangan disimpan lama.
Cara pemakaiannya  :  Pupuk bokhasi disebarkan pada permukaan tanah pada waktu 1 hari sebelum tanam, dengan dosis 200 kg/ha.
Demikian mengenai pupuk organik bokhasi serta manfaatnya bagi kesuburan lahan, terutama untuk lahan persawahan tanaman padi. Semoga bermanfaat. Salam Tani.

3 komentar

Hebat nih pupuk organik bekasi ini dapat mengurangi hama jadi aman deh dari resiko panen gagal :) tapi sayang nya disini sawah banyak yang di bikin perumahan kangg

Manfaat pupuk bokhasi memang bagus buat tanaman padi mas.

Itulah perkembangan jaman mas, 10-20 tahun lagi entah hanya tinggal berapa ha yang masih ada di Indonesia, Siap-siap aja untuk impor beras dari luar.

Jangan sampai impor beras kang.. berat dari tanah air sendiri terasa enak di banding beras impor..


EmoticonEmoticon