Rabu, 06 Juli 2016

Cara Agar Tanaman Buah Dalam Pot Cepat Berbuah

Ceritatani.Com - Cara Agar Tanaman Buah Dalam Pot Cepat Berbuah. Melihat tanaman buah didalam pot yang memiliki buah yang banyak, pasti orang akan tertarik untuk melihatnya dan bahkan tertarik untuk memilikinya. Memang, untuk merawat tanaman buah didalam pot tentu dibutuhkan cara khusus yang kadang hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja, terutama para penjual bibit tanaman.

Sebenarnya ada cara sederhana yang sering digunakan oleh para penjual bibit tanaman didalam memperlakukan tanaman buah didalam pot. Untuk membuat tanaman dalam pot cepat berbuah, biasanya cara yang paling sederhana adalah dalam penyiraman dan pemupukannya.

Tehnik penyiraman yang digunakan adalah dengan cara melakukan stres air pada tanaman buah yang ada didalam pot tersebut. Berikut ini Ceritatani bagikan bocorannya kedua cara tersebut. Tehnik ini adalah tehik yang Ceitatani dapatkan dari penjual bibit yang telah mempraktekkannya.

Cara-Agar-Tanaman-Buah-Dalam-Pot-Cepat-Berbuah

1. Cara Melakukan Stres Air Pada Tanaman Buah Dalam Pot.
Cara stres air adalah cara untuk merangsang agar tanaman buah dalam pot supaya berbuah dengan cepat dan memiliki buah yang lebat.  Cara ini adalah sangat sederhana, yang perlu dilakukan adalah jangan melakukan penyiraman dengan waktu tertentu atau sering. Lakukan penyiraman pada tanaman dalam pot tersebut supaya tanaman tersebut tidak mati saja.bisa. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan penyiraman 10 hari sekali atau bahkan kita siram 1 bulan sekali saja.

Jangka waktu didalam melakukan stes air ini sebaiknya dilakukan selama 3 bulan saja, untuk selanjutnya, setelah masa 3 bulan melakukan stres air, lakukan penyiraman normal seperti biasa, yaitu setiap pagi dan sore hari. Biasanya tak lama setelah kita melakukan stres air pada tanaman buah dalam pot ini, hanya di butuhkan waktu 1 sampai 2 bulan saja,bibit tanaman tersebut akan langsung berbunga lebat.

2. Cara Pemupukan Tanaman Buah Dalam Pot
Selain melakukan stres air seperti yang telah dijelaskan diatas, cara lain agar tanaman buah dalam pot lekas berbuah adalah dengan melakukan pemupukan. Adapun pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK.

Cara pemupukkannya adalah, taburkan pupuk NPk dengan dosia takaran satu sendok makan di setiap tanaman dalam pot. Taburkan secara merata untuk menyuburkan daun dan membesarkan batang tanaman buah dalam pot.

Trik sederhana inilah yang sering digunakan oleh para penjual bibit tanaman buah didalam pot. Pada umumnya orang akan yang melihat tamanan dalam pot dengan buah yang lebat, akan langsung terpikat untuk membeli bibit tanaman buah tersebut. Dan harga tanaman buah dalam pot ini tentu memiliki harga yang mahal, apalagi jika tanaman sudah berbuah lebat.

3. Cara Lain Agar Tanaman Dalam Pot Cepat berbuah
Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menanam bibit tanaman buah yang bibitnya berasal dari hasil sambungan mata tempel atau yang biasa di sebut Okulasi. Cara okulasi bibit dalam pot di biasanya lakukan pada induk tanaman yang sehat dan unggul agar bibit yang di hasilkan nantinya juga berkualitas.

Sebenarnya kita juga bisa menghasilkan bibit tanaman dalam pot yang unggul, yaitu dengan cara melakukan penyetekan atau okulasi atau bisa juga dengan melalui sistem cangkok agar tanaman tersebut bisa cepat berbuah dengan lebat.
Silahkan Baca  :  Tehnik Pembuatan Bibit Okulasi Dan Sambungan

Cara yang lebih ekstrim lagi adalah dengan menggunakan bibit cabutan. Bibit cabutan adalah bibit yang memang segaja di benih oleh para petani, yang kemudian setelah berbuat lalu dipindahkan kedalam pot.

Hal yang paling pokok dalam memlihara tanaman buah dalam pot adalah dengan cara melakukan perawatan yang intensif secara rutin. Dan tentunya jangan lupa untuk melakukan pemupukan secara teratur supaya tanaman dalam pot cepat berbuah. Dan kalau memang diperlukan, bisa melakukan stres air serti yang telah dijelaskan diatas untuk merangsang daya tumbuh bunganya.

Demikian Cara Sederhana Agar Tanaman Buah Dalam Pot Cepat Berbuah yang bisa Ceritatani sampaikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat, Salam Tani.

2 COMMENT

Kalau di penjualan tanaman hias itu kadang suka ngiler lihat pohon kecil udah pada berbuah :D
nice tips mas, kapan-kapan boleh dicoba. Hehehe
Minal Aidzin Walfaidzin ya mas..
mohon maaf lahir & batin..

Kadang emang gitu mas kalau lihat tanaman didalam pot berbuah lebat, pasti akan tertarik.

Minal Aidzin Walfaidzin juga mas..
mohon maaf lahir & batin..


EmoticonEmoticon