Friday, July 15, 2016

Harga Kemukus Stabil, Prospek Cerah Bagi Petani Budidaya Kemukus

Ceritatani.com - Stabilnya harga kemukus pada beberapa tahun terakhir ini, tentu menjadi kabar yang menggembirakan bagi petani budidaya kemukus. Pada tahun 2016 ini harga kemukus malah cenderung naik, saat ini harga kemukus yang masih basah dari petani  ke pengepul mencapai 30 ribu perkilonya, sedangkan untuk harga kemukus kering mecapai 75 ribu perkilonnya.

Berbeda dari tahun 2015, harga kemukus pada tahun ini cenderung stabil dan meningkat dibanding sebelumnya yang hanya mencapai 15 ribu perkilonya. Dengan harga 30 ribu kemukus basah perkilonya tentu semakin membuat petani budidaya kemukus semangat untuk membudidayakannya.

Harga-Buah-Kemukus-Basah

Budidaya kemukus tentu mempunyai prospek yang cukup bagus kedepannya, karena saat ini kebutuhan akan kemukus sebagai rempah untuk berbgai produk olahan jamu dan obat-obatan semakin meningkat, apalagi saat ini jumlah populasi kemukus semakin berkurang dari tahun ketahun.

Buah kemukus kering digunakan sebagai bumbu rempah dalam masakan, terutama masakan Indonesia. Kegunaan lain adalah sebagai penguat rasa pada gin dan rokok. Namun kegunaan penting kemukus adalah sebagai bahan farmakope dan sumber minyak atsiri (oleum cubebae).

Adapun cara budidaya kemukus sendiri sebenarnya cukup mudah dilakukan, karena pola tanam kemukus bisa dilakukan dengan berbagai cara baik itu pembibitan melalui setek maupun melalui sulurnya langsung yang ditanam. Mengenai tumbuhan kemukus dan cara budidayanya silahkan Anda baca Mengenal Tumbuhan Kemukus Dan Cara Budidayanya

Dengan stabilnya harga kemukus dari tahun ketahun, seharusnya para petani harus menangkap peluang ini sebagai salah satu usaha tani yang mempunyai prospek yang cerah kedepannya, sehingga petani bisa mendapatkan hasil serta keuntungan dari usaha budidaya pertanian yang produktif dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Semoga bermanfaat, Salam Tani.


EmoticonEmoticon